8 Organ Tubuh Manusia Beserta Fungsinya

Organ adalah kumpulan beberapa jaringan yang melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh. Tubuh manusia terdiri dari beberapa macam organ. Semua organ tersebut bekerja saling berhubungan dengan organ lain. Berikut adalah beberapa macam organ utama dalam tubuh manusia lengkap beserta penjelasan fungsi dan gambar anatomi.
Organ tubuh manusia beserta fungsinya

1. Otak
Organ otak
Otak adalah pusat sistem saraf pada manusia. Otak yang mengendalikan hampir semua pergerakan organ dan anggota gerak pada manusia. Otak juga berperan penting dalam nalar, intuisi, pemikiran, logika, dan perasaan pada manusia. Fungsi otak adalah mengatur sebagian besar gerakan tubuh dan pengaturan beberapa fungsi tubuh seperti detak jantung, keseimbangan cairan, dll.
2. Mata
Organ mata
Mata adalah salah satu dari panca indera yang dapat menangkap cahaya dan meneruskannya ke otak. Manusia memiliki sepasang mata yang terletak di wajah tepatnya diantara hidung dan kening. Fungsi utama mata adalah untuk melihat.
3. Jantung
Jantung adalah organ berongga dan berotot yang berperan penting dalam proses peredaran darah. Jantung terdiri dari empat rongga yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. Fungsi utama jantung adalah untuk memompa darah baik itu ke seluruh tubuh untuk mengedarkan oksigen maupun ke paru-paru untuk menerima oksigen.
Organ jantung (tengah) dan paru-paru (kiri dan kanan)
4. Paru-Paru
Paru-paru adalah organ berjumlah sepasang yang dapat menerima oksigen dan melepaskan karbon dioksida dan uap air. Oksigen yang diperoleh akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah. Fungsi paru-paru adalah untuk mengambil oksigen dari udara bebas dan menghembuskan karbon dioksida serta uap air ke udara.
5. Lambung
Organ lambung
Lambung adalah sebuah organ berbentuk kantung yang terdapat di bagian perut manusia. Lambung sangat berperan bagi sistem pencernaan manusia. Fungsi lambung adalah untuk mencerna beberapa macam zat makanan dan membunuh bibit penyakit yang terdapat pada makanan.
6. Usus Halus
Usus halus adalah organ pencernaan yang dapat melakukan pencernaan dan penyerapan sari-sari makanan. Letak usus halus berada diantara lambung dan usus besar. Fungsi usus halus adalah menyerap sari-sari makanan dan mencerna sebagian jenis zat dengan beberapa macam enzim.
Organ usus halus (tengah) dan usus besar (disekeliling usus halus)
7. Usus Besar
Usus besar adalah organ pencernaan setelah usus halus. Usus besar juga dapat menyerap beberapa jenis zat seperti air dan garam mineral. Fungsi usus besar adalah menyerap air dan garam mineral serta membusukkan makanan dengan bantuan bakteri E.coli.
8. Ginjal
Organ ginjal (warna cokelat)
Baca juga: 12 Bagian-Bagian Ginjal Beserta Fungsinya (Beserta Gambar)
Ginjal adalah organ berbentuk seperti kacang merah dan terletak di bagian bawah rongga perut. Manusia memiliki sepasang ginjal. Ginjal berperan dalam sistem ekskresi pada manusia. Fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah dan membuangnya dalam bentuk urine.

6 comments:

  1. Sangat mmbantu pemahaman organ dalam

    ReplyDelete
  2. Terima kasih🤣ini bener bener sangat membantu aku,,

    ReplyDelete
  3. Terimakasih banyak atas pembelajaran dan fungsi organ tubuh ini sangat bermanfaat bagi semua orang yang ingin belajar 📚✏ dan mengetahui tentang tubuh manusia...

    ReplyDelete
  4. Lagi nyari tugas buat anak temen, lumayan kebantu..
    Hatur nuhhn

    ReplyDelete